Sunday, May 29, 2016

Liturgi dalam Alkitab: Pertemuan Ter-Agung dalam Alkitab


BAB 2 Pengertian penggunaan kata “Liturgi” dalam Alkitab (PL,PB) dan Ilmu Teologi 

Berdasarkan kajian G.Riemer, maka kata leiturgi yang dipakai dalam Alkitab mempunyai beragam pengertian. Artinya penggunaan kata leiturgi dalam Alkitab tidak menunjuk pada satu pengertian. Untuk memastikan apakah benar demikian maka kita memperhatikannya dalam Perjanjian Lama dan Baru. 

2.1. Dasar Alkitab tentang Liturgi dan Pengertian Liturgi dalam Alkitab 

2.1.1. Dasar-dasar Alkitabiah liturgika dalam Perjanjian Lama. 

Ayat-ayat dalam PL tentang Liturgi Yes. 44:12 II Raj. 15:16 Jadi berdasarkan data-data dalam PL, kata leiturgi dipakai dalam konteks pengertian: 

1. Persoalan Agama. 

2. Tugas imam di kemah Suci dan Bait Allah, terutama dalam tugas mezbah. 

3. Tugas orang Lewi dalam Kemah Suci dan Bait Allah. 

Jadi Pelayanan yang dilakukan oleh para imam dan orang Lewi adalah pelayanan yang berguna untuk Jemaat/umat Israel. 

2.1.2. Dasar-dasar Alkitabiah liturgika dalam PB.

Ayat-ayat PB tentang Liturgi Lukas 1:23, Ibrani 9:21, 10:11 Ibrani 8:2, 8:6 Roma 15:16 Filipi 2:17 Ibrani 1:7,14 Roma 13 :6 Roma 15:27; II Kor. 9:12; Fil. 2:25; 2:30; 4:18 Kis. 13:2 Berdasarkan ayat-ayat dalam Perjanjian Baru, kata Leiturgi yang dipakai dalam Perjanjian Baru sebanyak 15 kali. Namun pengertiannyapun berbeda atau mempunyai makna yang berbeda. Dalam hal ini, arti kata liturgi dalam PB:

1. Menunjuk tugas imam 

2. Menguraikan pekerjaan Kristus sebagai imam 

3. Pekerjaan para rasul dalam PI kepada orang kafir 

4. Sebagai kiasan untuk hal percaya 

5. Pekerjaan malaikat-malaikat, yaitu melayani 

6. Jabatan pemerintah 

7. Pengumpulan persembahan kepada orang miskin 

8. Kumpulan orang yang berdoa dan berpuasa 

2.2. Pengertian Liturgi dalam Ilmu Teologi 

Kembali lagi pada penelitian yang dilakukan G. Riemer dalam menemukan arti kata Leiturgi berdasarkan teks. Ternyata hasilnya yaitu tidak ada data Alkitab yang cukup beralasan untuk menerima arti kata leiturgi dalam pengertian Ibadah Gereja atau Tata Ibadah Gereja. Menurut Riemer, hanya satu ayat Alkitab dalam Perjanjian Baru yang menggunakan kata Leiturgi dalam konteks Jemaat Perdana sedang beribadah (Kis. 13:2). 

Jadi, kata Riemer, tidak ada dasar Alkitabiah untuk menggunakan liturgy dalam arti Tata Ibadah atau tata Kebaktian. Karena Leiturgi berarti bekerja untuk kepentingan rakyat. Jadi bagaimana kita harus memahami kata Leiturgi dalam pengertian Tata Ibadah atau Tata Kebaktian?. Pada zaman setelah Reformasi, khususnya zaman sekarang kata Leiturgi dipakai sebagai istilah teknis dalam Ilmu Teologi yang hanya mengacu kepada Tata Ibadah atau Tata Kebaktian. 

Jadi, kata Leiturgi yang kita pakai sekarang dengan melalui proses perkembangan dalam dunia Kekristenan maka kata leiturgi adalah istilah Teologis, biasanya mengacu kepada tata ibadah Gereja. Dengan kata lain dalam Ilmu Teologi, kata leiturgi adalah istilah teknis-teologis hanya mengacu kepada tata ibadah

Previous Post
Next Post

About Author

0 comments: